Cara packing barang yang baik dan benar sangat disarankan untuk menjaga agar barang atau paket kiriman sampai di tangan konsumen dengan aman. Sebagai seorang penjual di e-commerce ataupun konsumen menginginkan packaging yang terbungkus dengan baik karena dapat memberikan value dari segi profesionalitas, tentunya kita tidak ingin membuat pelanggan menjadi kecewa dengan cara packing yang tidak rapi dan bisa membuat rusak.
Masih banyak yang tidak begitu memperhatikan cara packing barang yang baik dan benar karena kalau kita mengemas dengan cara yang asal-asalan akan membuat keamanan barang tersebut rentan akan kerusakan pada saat proses pengiriman.
Baca juga: 5 Manfaat Pengiriman Logistik dan Ekspedisi untuk E-Commerce
Pentingnya packing barang dengan baik dan benar
Barang yang di packing dengan baik menawarkan kualitas dan identitas yang berbeda dibandingkan dengan kemasan yang kurang tertata bungkusannya. Konsumen cenderung lebih tertarik pada produk dengan kemasan yang tertata rapi.
Berikut adalah alasan mengapa packing barang yang rapi sangat penting bagi konsumen:
1. Packing barang memberikan perlindungan produk
Kemasan yang baik memberikan perlindungan fisik bagi produk untuk membantu mencegah kerusakan yang dapat terjadi selama barang tersebut dikirim dari penjual ke konsumen. Dengan perlindungan yang memadai, konsumen dapat yakin bahwa produk yang mereka beli akan tiba dalam kondisi aman.
2. Packaging bagian dari branding produk
Desain packing yang unik dapat membedakan suatu brand dari kompetitor dan juga membantu meningkatkan brand awareness, konsumen dapat dengan mudah mengenali dan mengingat kemasan tersebut, mereka lebih suka memilih produk dengan desain packaging yang visual appealing dan juga ramah lingkungan.
3. Packaging untuk daya tarik visual
Packaging yang menarik secara visual dapat menjadi perhatian konsumen karena dari penelitian menunjukkan bahwa warna berperan dalam persepsi alam bawah sadar, hal tersebut penting bagi penjual untuk mempelajari makna psikologis pemilihan warna packaging.
Cara packing barang yang baik dan benar
Bagi kamu yang lagi menjalani usaha baik secara online atau retail, kalian wajib tahu cara packing barang sebelum menyerahkan barang jualan kamu ke jasa pengiriman.
Lantas, bagaimana cara mengemasnya? Berikut tips packing barang
1. Pilih jenis kemasan yang tepat
Pastikan kamu menggunakan kemasan yang sesuai dengan jenis barang yang akan dikemas. Misalnya, gunakan kotak karton untuk barang-barang ringan atau berbentuk kubus, sedangkan untuk barang yang lebih berat atau rapuh, gunakan kemasan yang lebih kuat seperti kardus ganda atau kotak kayu.
2. Gunakan lapisan pelindung
Isi ruang kosong yang tidak terisi dalam kemasan dengan bahan pelindung seperti bubble wrap, kertas koran, atau polystyrene untuk mencegah barang bergerak untuk meminimalisir benturan selama pengiriman.
Baca juga: 9 Cara Optimasi Alur Distribusi Logistik untuk Efisiensi Bisnis
3. Kemas terpisah barang ukuran kecil
Jika kamu mempunyai produk jualan dengan ukuran yang kecil atau barang pecah belah, sebaiknya dikemas secara terpisah dilapisi kertas koran atau bubble warp agar tidak berbenturan dengan barang yang lain.
4. Lindungi sudut kemasan
Tambahkan bahan pelindung di sudut dan tepi kemasan pada bagian yang paling rentan terhadap benturan agar kemasan tersebut tidak mudah rusak, hal ini juga bertujuan untuk mencegah adanya robekan di sudut-sudut packaging.
5. Gunakan lakban
Pastikan kemasan tertutup dengan rapat dan kencangkan dengan pita perekat yang kuat agar barang tidak mudah keluar dari kemasan.
6. Cetak label pengiriman
Tuliskan alamat pengirim dan penerima dengan jelas di kemasan agar tidak ada kesalahan dalam pengiriman. Jika ada instruksi khusus untuk pengiriman, pastikan juga ditulis dengan jelas.
7. Gunakan simbol peringatan
Simbol pada packing kardus atau kemasan berfungsi sebagai pengingat informasi kepada konsumen maupun kurir supaya berhati-hati saat proses memindahkan kemasan tersebut
8. Periksa berat kemasan
Pastikan berat dan dimensi kemasan sesuai dengan ketentuan pengiriman yang berlaku. Jika melebihi batas yang ditetapkan biasanya dikenai biaya tambahan.
9. Asuransikan barang kemasan
Jika barang yang kamu kirimkan memiliki nilai tinggi, pertimbangkan untuk mengasuransikannya agar terlindungi dari kehilangan atau kerusakan.
10. Pilih jasa pengiriman kargo ekspedisi yang terpercaya
Setelah selesai packing barang, kamu bisa mempercayakan jasa ekspedisi atau kargo menggunakan Super Kargo untuk membantu memudahkan pendistribusian barang dengan baik dan aman.
Pilihlah jasa ekspedisi Super Kargo yang sudah memegang kepercayaan dari konsumen di Indonesia, Super Kargo merupakan layanan dengan spesialisasi pengiriman paket berukuran sedang sampai besar melalui darat, laut dan udara karena Pos Logistik memiliki dukungan teknologi dengan dilengkapi gps tracker yang bisa di cek melalui nomor resi pengiriman, jangkauan yang luas dan tersebar diberbagai penjuru Indonesia.